Friday, April 26, 2013

Shodaqoh April

shodaqoh itu seperti air yang mengalir, membersihkan harta :)
 bismillah....

muslim itu wajib bayar zakat jika telah sampai nishab dan haulnya.
nah, karena saya belum memiliki pendapatan yang sebesar itu, maka saya tidak wajib berzakat. tetapi saya mewajibkan diri untuk shodaqoh, infaq, atau wakaf tunai. dari ketiganya, sebenarnya saya paling menyukai wakaf. karena apa? karena wakaf adalah salah satu bentuk amal paling mudah untuk mendapatkan amal jariyah.
wahai, siapa sih yang tidak tergiur akan aliran pahala yang tak terputus meski nyawa telah bercerai dengan raganya?
sedangkan ilmu yang bermanfaat belum tentu saya punya.
apatah lagi anak yang sholih yang mendoakan saya dan suami.
kami sedang menantinya dengan ikhtiar dan doa yang tak putus kepada Pusat Segala Pengharapan :)

namun ibadah bisa menjadi sangat fleksibel bentuknya sesuai dengan kondisi yang terjadi pada saya. contohnya bulan ini
, seingat saya di awal bulan saya belum mengeluarkan isi dompet saya untuk bershodaqoh, infaq, atau sejenisnya. namun ternyata Alloh memberikan saya jalan untuk mengeluarkan hak sesama muslim itu dengan cara terbaik menurutNya.

alkisah, di minggu ketiga bulan ini saya mendapati seorang saudara saya yang sedang kesulitan pada finansialnya. saya tau beliau tidak akan mengemis pada siapapun meski kondisinya sedang sulit, apalagi pada saya yang baru beberapa pekan ia kenal. karena itu, saya berinisiatif untuk membantu beliau. alasan saya saat itu hanya dua:
  1. saya pernah berada pada posisi beliau dan tidak ada yang membantu saya saat itu. saya tidak mau ada orang lain yang mengalami hal yang sama dengan saya.
  2. saya hanya berharap bahwa sedikit harta yang saya bagikan ini, yang seyogyanya adalah milik Alloh, pasti akan kembali kepada saya. dan sebaik-baik pengembalian harta itu adalah keridhoan Alloh terhadap hidup yang saya jalani.

dan bismillah, proses kebaikan yang saya niatkan itu berjalan mulus.
pemberian saya yang tidak ada artinya itu membuat beliau terbantu meski hanya sebentar.
saya tidak dekat dengan beliau, tetapi saya mendoakan semoga Alloh memberi barokah dan penjagaan kepadanya. aamiin.

No comments:

Post a Comment