Sunday, June 20, 2010

naruto : konsep tarbiyah

pasti ada yang bertanya2 kenapa pada tulisan kali ini aku mengait2kan naruto dengan tarbiyah.
iya, naruto yang itu,,, yang ada kazekage gaaranya.. ^^
sebenarnya hal ini pun baru aku sadari ketika aku dan teman2 satu lingkaranku
sedang riyadhoh jama'i di gymnasium [kemana aja kamu ??]


di komik ini ada sebuah keunikan yang diperkenalkan oleh sang penulis kepada para pembacanya sejak awal edisi.
ada yang tau?


yap, yap, yap
di komik ini setiap calon ninja digabungkan tiga-tiga dan dibimbing oleh satu ninja senior.
contoh paling populer adalah
kelompok 7 yang beranggotakan naruto uzumaki, uchiha sasuke, sakura


tiga orang calon ninja ini sangat bisa dianalogikan dengan mutarobbi kita,
dan ninja senior tersebut adalah murobbinya (ga maksa kan ya?)
mereka kemana2 bersama, menjalankan misi bersama, dan dibina-dilatih-dikader oleh "murobbi" mereka.
tumbuh bersama, menjadi lebih besar dalam kemampuan bahkan kedewasaan.
ketika sudah matang nanti, masing2 dari mereka akan membina 3 calon ninja berikutnya.
dan 3 calon ninja ini pun ketika sudah "besar" nanti akan membina 3 orang lainnya.
begitu seterusnya hingga kelompok2 ini semakin besar dan semakin besar.


seperti konsep tarbiyah kita, bukan?
yang tadinya mutarobbi suatu saat nanti akan menjadi murobbi yang akan melahirkan murobbi2 berikutnya.


***sedikit keluh kesah tentang komik yang ingin ku sampaikan di tulisan ini :
aku suka komik,suka banget, terutama yang temanya komedi, pembunuhan, detektif [misalnya monster], psiko, penganiayaan
pokoknya yang di setiap lembarnya itu ada darah berceceran
karena menurutku hal itu sangat keren dan membuat jantungku berdesir lebih cepat [hihi ketawa psiko]
namun sayangnya ada banyak orang yang menganggap bahwa komik itu adalah sesuatu yang [selalu] negatif.
padahal komik itu banyak macemnya, dari yang isinya lawakan, cinta2an, horor, olahraga, detektif, kedokteran, sampai konten dewasa
[sebenernya aku kurang setuju dengan istilah dewasa]
dan aku kurang suka dengan tema cinta2an (serial cantik gitu) karena menurutku hal itu sudah sangat basi-ga mutu-danlainlain.
ketika membaca komik, aku sangat pemilih
misalnya
- naruto uzumaki [ninja. 5 stars]
- gash bell [tentang pertarungan anak iblis. berkali-kali sukses membuatku menangis. 5 stars]
- monster [tentang detektif-pembunuhan. membuatku ketakutan-penasaran. 5 stars]
- prince of tennis [tentang tennis. 4 stars]
- we'll [tentang basket. 4 stars]
- piano hutan [tentang piano. keren-tapi aku sampai lupa ceritanya hehe. 4 stars]
- wildlife [tentang dokter hewan-lucu. 4 stars]
- death notice [tentang pemberitahuan kematian. 4 stars]
- death note [tentang kematian-sinigami. 4 stars]
- team medical dragon [tentang dokter bedah. 4 stars]
- life [tentang psikopat-sadis. 4 stars]
- detective conan [tentang detektif. 3 stars]
jadi menurutku kalo ada yang langsung memicingkan mata ketika aku bilang aku suka komik
ada 2 kemungkinan
1. dia emang gatau kategori komik [dan level2nya]
2. dia terlalu cepat mengambil kesimpulan.
dan aku kurang suka dengan orang seperti itu.

No comments:

Post a Comment